Jadilah Perhiasan Paling Berharga

Ibarat sebuah perjalanan panjang dari sebuah pendakian, ini baru permulaan. Memulai dunia baru, rintangan pasti akan dijumpai. Hanya mereka yang mempunyai bekal yang cukup dan semangat yang membara yang akan sampai pada tujuan.

Wahai saudariku yang cantik, ku ucapkan selamat datang di kota pelajar. Kota yang menjadi tujuan kalian untuk menimba ilmu duniawi dan menempa diri di perguruan tinggi.

Mungkin ada yang berasal dari luar kota, teringat nasihat dari kedua orangtua,”Nak, hati-hati ya disana, jaga diri baik-baik, apalagi kamu perempuan”, “nak, di sana banyak pergaulan bebas, hati-hati memilih teman ya” , “nak, semoga berhasil, doa orangtua selalu menyertaimu”, dan petuah-petuah lainnya yang bernada kekhawatiran atas anak perempuan yang akan berjuang di negeri perantauan.

Pernahkah kita membayangkan kenapa perempuan perlu diperhatikan? Saudariku yang cantik, sadar atau nggak, perempuan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan. Dan tidak diragukan pula sesungguhnya Islam memuliakan perempuan. Kedudukan dan keberadaan kaum perempuan di dalam islam sedemikian berartinya, sehingga banyak sekali hal-hal penting berkaitan dengan kaum perempuan dirancang sedemikian rupa dalam syariat Islam. Sampai-sampai Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam, sebagai rasul pembawa syariat Islam, secara khusus memberikan pengarahan dan bimbingan kepada kaum perempuan.

Di saat Rasulullah berkhutbah di Arafah sekalipun, beliau berwasiat kepada kaum laki-laki dan kaum perempuan umat ini bersama-sama. Semua ini menunjukkan besarnya perhatian Islam, penjagaan, serta pemeliharaannya terhadap kaum perempuan di setiap zaman. Dan terbukti bahwa islam benar-benar telah menetapkan beberapa syariatnya yang luhur untuk memelihara kaum perempuan. Di antara syariat Islam yang ditetapkan untuk menjaga dan memelihara kemuliaan kaum perempuan ialah berjilbab,  yaitu pakaian yang menutup seluruh badan.

“Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah perempuan salihah.”

Maasyaa Allah, siapa yang mau menyandang gelar perempuan salihah ini? Semua orang berharap bisa meraih gelar perempuan salihah. Berjilbab adalah salah satu langkah untuk meraih predikat tersebut. Tak dipungkiri lagi seorang perempuan ingin tampak cantik dalam pandangan orang lain, ingin memamerkan bentuk tubuhnya, serta rambutnya yang indah. Mungkin banyak omongan orang, kalo pake jilbab itu nggak modis, nggak gaul, nggak asik, panas, gerah, dan bla..bla..bla.. Wahai saudariku yang cantik, ini adalah perintah langsung dari Allah bagi seorang perempuan muslimah. Sebagaimana firman Allah Ta’ala, yang artinya:

Wahai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanm,u dan istri-istri orang mukmin, “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.” Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS Al-Ahzab: 59).

Walaupun ini perintah yang terasa pahit, dan terkadang berat untuk menjalankannya, tapi ingatlah, Allah Ta’ala tidaklah memerintahkan suatu perkara kecuali pasti perkara itu bermanfaat bagi hambanya. Jilbab adalah identitas seorang perempuan muslimah yang membedakan perempuan muslimah dengan perempuan non-muslimah. Dengan berjilbab pula, seorang perempuan menjaga kehormatannya maka jadilah ia seperti perhiasan paling berharga.

Buang jauh-jauh kata orang kalo perempuan berjilbab itu sulit mendapatkan pekerjaan, sulit pula mendapatkan jodoh. Bukankah yang memberi rezeki adalah Allah? Bukankah yang mengatur kehidupan makhluk adalah Allah? Adapun anggapan bahwa perempuan berjilbab itu sulit mendapatkan jodoh, tentu kurang tepat. Perempuan berjilbab bukanlah sulit mendapatkan jodoh, tapi hanya sulit mendapatkan pacar. Tentu saja hal tersebut karena muslimah sejati tidak memilih untuk berpacaran.

Nggak perlu takut. Tunjukkan saja jati dirimu bahwa engkau adalah seorang perempuan muslimah. Jilbabmu adalah identitasmu.

So, jadilah perhiasan paling berharga di mata Allah, karena Allah telah menyediakan surga bagi siapa saja yang menaati perintahnya dan menjauhi larangannya. Dengan terjaganya kehormatan seorang muslimah, maka ia telah menjaga kesucian dirinya. Allah sungguh mencintai perempuan berjilbab. Maka usahakanlah meraih cinta dan rida Allah tersebut dengan mengerjakan sesuatu yang dicintainya pula.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s